Alapakguru: Sekolahku Adiwiyata Co!

Sekolahku Adiwiyata Co!

Ala Pak Guru | 9/24/2019 08:29:00 pm |

Saat ini, sebagian masyarakat pendidikan mungkin belum memahami secara detail adiwiyata. Sehingga banyak yang menyatakan bahwa sekolah adiwiyata adalah sekolah yang memiliki taman hijau dan indah saja.

Kurangnya informasi membuat banyak pihak segan untuk mengikuti program sekolah adiwiyata. Alasannya sekolah adiwiyata tentu membutuhkan banyak biaya serta membutuhkan banyak tenaga. Ada benarnya tapi bisa tidak lho, bergantung pada kreativitas sekolah.

Kreativitas merupakan puncak dari proses kognitif. Sekolah yang berisi orang-orang pilihan dalam hal ini insan pendidikan tentu tak mau diam. Terus bergerak secara dinamis mencari cara terbaik. Sekolah tidak mungkin bisa mewujudkan peserta didik yang kreatif, jika sekolah sendiri tidak kreatif. Maka dengan kreativitas sekolah adiwiyata akan dapat diwujudkan.

  • Dapatkah sekolahku mewujudkan sekolah adiwiyata dengan kreativitas?
  • Bagaimana cara sekolahku mewujudkan sekolah adiwiyata?
Secara etimologi adiwiyata berasal dari kata adi dan wiyata. Adi artinya unggul; besar, sedangkan wiyata pengajaran. Adiwiyata dapat diartikan pengajaran unggul. Sekolah Adiwiyata berarti sekolah yang memiliki pengajaran unggul.

Titik tolak pengajaran berasal dari kurikulum sekolah. Kurikulum berisi visi, misi, tujuan sekolah, serta garis besar pengajaran yang akan dicapai sekolah. Maka jika sekolah akan mewujudkan sekolah adiwiyata, kurikulum menjadi sumber untuk mencapainya. Selanjutnya pengejawantahannya melalui perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. 

Pengajaran atau pembelajaran tidak hanya melibatkan proses koginitif saja, tetapi melibatkan dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif serta afektif dan psikomotor. Pengajaran abad 21 meliputi berpikir kreatif dan inovatif, berpikir kritis dan menyelesaikan masalah, komunikatif, dan kolaborasi.

Sekolah adiwiyata mengintegrasikan isu penting lingkungan hidup dan memberikan solusi melalui pengajaran dan penilaian yang otentik. Wujud dari pengajaran yang unggul adalah terbentuknya karakter yang peduli lingkungan, memiliki kecerdasan yang tinggi (mampu mencipta), memiliki keterampilan hingga mampu meciptakan lingkungan hidup yang nyaman, aman, dan keberlanjutan.

Sekolahku kini sepakat bersama kita bisa, kita bisa karena bersama. Sekolahku adalah miniatur dari masyarakat sosial. Masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda. Masing-masing adalah daya dukung yang akan mewujudkan sekolah adiwiyata. Maka semuanya akan mengeksplorasi daya dukung untuk menciptakan inovasi dalam perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian dengan mengintegrasikan lingkungan.

Kita berhutang budi pada lingkungan yang telah memberikan kehidupan (O2) tanpa kita minta. Maka kita akan memberikan keberlanjutan untuk anak cucu kita. Yakin? Mari buktikan!

Akang Azam pada 24 September 2019
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...