Alapakguru: Memilih Buku Bacaan Untuk Anak

Memilih Buku Bacaan Untuk Anak

Ala Pak Guru | 6/06/2018 03:19:00 pm |
Kegiatan membaca perlu ditanamkan sejak anak mulai masuk kelas I sekolah dasar. Selain di sekolah, kegiatan membaca dapat dibiasakan di rumah. Sehingga para orang tua dapat mendampingi kegiatan membaca anak dengan riang gembira.

Anak-anak yang terbiasa membaca bersama orang tua kelak akan memiliki kegemaran membaca. Kegemaran membaca tersebut sangat membantu meningkatkan keterampilan membacanya. 

Sebagai orang tua tentu senang dan bangga jika anaknya sudah terampil membaca. Anak dapat melafalkan dengan benar, tinggi rendahnya tekanan suara baik, terlebih dapat menjawab atau menjelaskan isi bacaan meskipun sederhana. Sebaliknya jika anaknya belum juga dapat membaca menimbulkan kecemasan kepada orang tua. Kondisi seperti ini terkadang dapat menyebabkan orang tua tidak dapat mengendalikan diri. Jika hal itu berlarut-larut dampaknya anak semakin tertekan. 
  

Setiap anak memiliki kemampuan membaca yang berbeda. Perbedaan itu dapat diketahui dari cara pengucapannya, tinggi rendahnya tekanan suara, dan pemahaman terhadap isi bacaan. Selain itu, kebutuhan membaca anak juga berbeda-beda. Untuk itu orang tua hendaknya tahu bahan bacaan yang dibutuhkan anak. 

Dengan demikian orang tua perlu memikirkan berbagai kegiatan membaca yang sesuai dengan kebutuhan anaknya, bahan bacaan yang akan digunakan, dan alat bantu yang diperlukan.

Cara sederhana ini dapat digunakan untuk memilih  buku bacaan yang sesuai dengan kebutuhan anak. Cukup dengan menggunakan lima jari. Boleh jari kanan ataupun kiri. 

Pertama, ajaklah anak ke perpustakaan keluarga, jika tidak ada dapat diberikan koleksi buku bacaan untuk anak. 
Kedua, berilah kesempatan kepada anak untuk memilih buku bacaan yang disukainya.
Ketiga, jika sudah memilih mintalah kepada anak untuk memulai membaca.
Keempat, gunakan lima jari untuk menghitung kata-kata yang tidak dipahami artinya.
Kelima, jika terdapat lebih dari lima kata yang tidak dipahami artinya setiap halaman, gantilah buku lainnya. 

Lima jari atau lima kata yang tidak dipahami artinya menunjukkan buku tersebut belum sesuai dengan kebutuhan anak. Hal ini menunjukkan buku tersebut sulit untuk dipahami anak. 

Selamat mencoba
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...