Alapakguru: Kepala Sekolah Jangan Kalah Sama Teroris

Kepala Sekolah Jangan Kalah Sama Teroris

Ala Pak Guru | 6/25/2018 12:38:00 am |
Foto Alapakguru
Waktu sudah larut malam, tetapi mataku belum bisa terpejam. Mumpung belum mengantuk sambil nonton televisi aku buka-buka buku. Buku karya Freddy Liong ini menggelitikku untuk membolak baliknya. 

Mataku terperanjat ketika menemukan kalimat yang menyatakan bahwa profesi terhebat di dunia adalah "teroris." Teroris mampu mengubah perilaku seseorang sedemikian rupa sehingga bersedia melakukan perintahnya sampai rela mengorbankan nyawa sekalipun. 

Dahikupun berkerut, bertanya-tanya. Apaan ini? Aku mencoba mencerna maksud kalimat itu dengan membandingkan profesi lain. 


Salah satu profesi yang aku anggap hebat yaitu pemimpin di lembaga pendidikan. Seorang kepala sekolah memerintah guru dan stafnya berangkat lebih pagi saja sulitnya luar biasa. Bukan isapan jempol jika aku katakan demikian. Beberapa waktu lalu, temanku kepala sekolah mengeluh  kesulitan mengajak guru-gurunya berangkat lebih pagi. Sudah banyak cara ia lakukan tapi masih gagal juga. 

Kalau begitu kalah dong kepala sekolah dengan teroris. Seorang teroris mampu mengubah perilaku seseorang menjadi radikal. Teroris berhasil memengaruhi pola pikir orang tersebut sehingga berhasil menanamkan keyakinan yang ditanamkan.

Belajar dari hal ini, maka seorang pemimpin seperti kepala sekolah dapat mengubah perilaku guru dan stafnya supaya efektif maka ia harus mampu mengubah pola pikirnya. Dengan kata lain untuk mengubah kebiasaan guru dan stafnya yang kurang efektif mulailah dengan memengaruhi pola pikirnya terlebih dahulu. (alapakguru)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...