Alapakguru: Jadilah Guru Tangguh

Jadilah Guru Tangguh

Ala Pak Guru | 5/28/2019 07:25:00 pm |
Kalau baca atau menonton berita di media sosial rasanya saat ini penuh dengan masalah. Semua persoalan diunggah ke media. Mulai curhat pribadi sampai lembaga. Kalau semua diwujudkan dalam bentuk benda bisa saja dunia ini tidak muat. 

Paling menggelitik, ketika ada kebijakan baru selalu dianggap masalah. Padahal sejatinya kebijakan dibuat untuk menyelesaikan masalah, bukan menambah masalah-masalah baru.

Ketika apa-apa dianggap masalah, cobalah bertanya pada diri sendiri. Apakah kenyamanan pribadi kita terganggu? Apakah tidak seperti biasanya? 

Mungkin saja diri kita mulai lemah. Semangat kita tidak seperti dulu lagi. Ketangguhan kita mulai menipis. Sehingga mudah sekali hal-hal di luar kebiasaan dan kenyamanan sebagai masalah. 

Mungkin juga, benar adanya banyak masalah? Kalau memang iya, jadilah tangguh. Supaya tidak menjadi bagian masalah atau menambah masalah.

Cara mengatasi permasalahan tersebut, antara lain adalah:
Pertama, menyelesaiakan persoalan-persoalan yang ada. 
Kedua, menjadikan diri kita kuat dan tangguh.

Kalau cara pertama belum mampu, atasi berbagai permasalahan dengan cara yang kedua. Caranya dengan menjadi orang yang berilmu pengetahuan. Maka bacalah buku- buku pengetahuan. Perbanyaklah mengaji pada guru ngaji atau kyai yang benar keilmuannya. 

Ketika kita memiliki pengetahuan, maka kita akan tangguh dan dapat mengatasi berbagai persoalan dan sebaliknya bukan penyumbang persoalan. Tidak mudah marah dan termakan berita hoaks atau pun framing yang ada.


Selasa Sore, menunggu berbukašŸ˜€
28 Mei 2019
Moh. Zamzuri
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...