Alapakguru: Menjadi Guru Produktif, Siapa Takut?

Menjadi Guru Produktif, Siapa Takut?

Ala Pak Guru | 1/01/2018 12:35:00 am |
Gambar Guru 
Setiap akhir dan awal pergantian tahun banyak orang yang merayakan dengan suka cita, sebagian lagi merenungi hal-hal yang telah dilalui dengan cara berkontempelasi. Kemudian membuat harapan sebuah resolusi sebagai bentuk motivasi diri ke depan.


Bagi seorang guru berkontempelasi menjadi penting untuk memotivasi dan membangun citra guru yang mengikuti perkembangan jaman kekinian. Guru jaman now adalah guru yang produktif. Produktivitas menjadi kunci penting sebuah kesuksesan seseorang. Seorang guru yang sukses pasti mampu mengumpulkan berbagai keberhasilan. Maka seorang guru yang sukses adalah guru yang produktif.

Produktif memiliki makna mampu menghasilkan dalam jumlah besar, memberi manfaat, mampu menghasilkan terus dan dipakai secara teratur. Untuk itu guru yang produktif adalah guru yang mampu menghasilkan, memberi manfaat, secara terus menerus. 

Untuk menjadi guru yang produktif diperlukan cara berpikir yang positif. Seorang guru yang memiliki pikiran positif cenderung melihat hal-hal positif lebih baik. Dengan berpikiran positif maka akan timbul keyakinan setiap masalah akan ada pemecahannya. Guru yang berpikiran positif selalu optimis terhadap lingkungan dan dirinya. Apabila terjadi masalah tidak mudah menyalahkan lingkungan dan dirinya. Dengan demikian guru yang berpikiran positif akan membawa pengaruh besar terhadap diri dan lingkungannya.   

Banyak cara membangun pikiran positif dalam diri sendiri. Seorang guru yang sukses dan memiliki banyak keberhasilan pasti memiliki berbagai cara dan kebiasaan positif. Cara dan kebiasaan positif itulah yang perlu ditiru sehingga dapat menjadikan guru yang produktif.

Berbagai cara dan Kebiasaan positif yang dapat diterapkan dalam diri seorang guru antara lain:

Mencintai Pekerjaan
Seseorang yang mencintai pekerjaannya akan selalu berupaya melakukan tugas pekerjaannya dengan sepenuh hati dan sebaik-baiknya. Guru yang mencintai pekerjaannya selalu berusaha melakukan pekerjaannya dengan baik, baik proses maupun hasil. Sebalikanya guru yang mencintai pekerjaannya tidak akan mengerjakan tugasnya asal-asalan.

Senang Terhadap Tantangan
Guru sering kali dihadapkan pada persoalan-persoalan, baik di kelas maupun di kantornya.  Guru yang senang menghadapi tantangan tidak mudah putus asa dan selalu mencari cara untuk menyelesaikannya. Guru seperti ini selalu berupaya menggunakan metode, strategi, model, dan pendekatan yang bervariatif dalam mengajar.

Menyegerakan Menyelesaikan Tugas
Tugas pokok seorang guru dalam pembelajaran adalah merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi. Banyaknya tugas-tugas yang dikerjakan siswa maka banyak pula tugas guru untuk mengevaluasi. Maka segeralah menyelesaiakan untuk menilai dan memberikan umpan balik kepada siswa. Dengan mengetahui hasil evaluasi maka akan diketahui tindakan yang akan segera dilakukan untuk pertemuan berikutnya.

Bangun Lebih Awal
Saat hari masih pagi, guru sukses  sudah bangun lebih awal untuk bersiap-siap menyambut hari baru.  Banyak keuntungan bangun lebih awal. Misalnya lebih banyak waktu untuk menyiapkan pekerjaan dengan tenang. Pekerjaan akan lebih baik jika dengan persiapan yang baik pula.   

Memiliki Rencana Harian
Guru sukses selalu memikirkan berapa lama ia bekerja hari ini, atau memikirkan waktu menyelesaikan tugasnya. Setiap harinya guru sukses selalu membuat perencanaan dan target menyelesaikannya agar hari-harinya produktif.

Membuat Waktu Untuk Projek Pribadi
Menyelesaikan tugas guru itu penting, namun membuat projek pribadi yang sesuai dengan kegemaran itu dapat meningkatkan branding. Misalnya guru yang gemar menulis, maka meluangkan waktu untuk menyelesaikan buku dapat meningkatkan produktivitas. Maka luangkanlah waktu untuk membuat projek yang sesuai dengan kegemaran.


Membaca dan Menonton Berita
Membaca dan menonton berita dapat memperkaya pengetahuan dan informasi. Guru yang biasa membaca dan menonton berita dapat meningkatkan kompetensi dan dapat dengan mudah berinteraksi dengan orang lain dengan informasi yang terkini.

Fokus pada Hal-Hal Positif
Hal-hal positif dilahirkan dari pemikiran yang positif. Fokus pada hal-hal positif dapat meningkatkan opitimisme dan motivasi dalam diri.

Berpikiran Terbuka
Berpikiran terbuka adalah siap menerima saran dan kritik dari orang lain. Ketika guru siap menerima saran dan kritik maka akan membuat sadar akan kekurangan dan membuat lebih bijaksana.

Out of The Box Thinking
Padanan istilah Out of the box thinking yang tepat adalah berpikir keluar dari kotak. Seringkali guru dihadapkan pada persoalan yang membutuhkan penyeselesaian sesuai dengan ketentuan yang ada. Namun terkadang pula dihadapkan pada permasalahan siswa yang tidak lazim, maka dengan cara yang berbeda pula untuk menyelesaikannya.

Belajar Terus Menerus
Ciri-ciri guru sukses terlihat dari keinginannya untuk selalu belajar terus menerus. Perkembangan teknologi dan jaman membuat tantangan yang dihadapi guru berbeda. Hal-hal baru menuntut guru untuk selalu belajar agar sukses di setiap perkembangan.

Low Profile
Low profile adalah sikap yang tidak suka memperlihatkan kelebihan yang dimiliki. Dalam pandangan lain low profile adalah sikap tawadhu. Meskipun memiliki banyak kelebihan tetaplah rendah hati, karena dengan rendah hati dapat meningkatkan personal branding seorang guru.

Jika setelah kamu melaksanakan pembiasaan di atas tidak membuatmu langsung sukses. Janganlah terburu-beru berputus harapan, karena dengan membiasakannya telah membuatmu lebih dekat meraih kesuksesan. Ketahuilah sukses itu tidak ditentukan oleh orang lain, tetapi perbaikan dirimu menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...